Ikuti Saya di:

Smart Learning

Pada era yang semakin global dimana semakin besar dan kuatnya persaingan antar sumber daya manusia yang berkompeten tinggi membuat kita sebagai manusia harus mempersiapkan diri dan membangun serta meningkatkan sumber daya yang ada khususnya sumber daya manusia.

Pendidikan adalah salah satu cara untuk meningkatkan sumberdaya manusia yang berkualitas namun dengan deras-nya arus modernisasi serta pengaruh buruk dari peradaban asing serta kecangihan teknologi membuat anak didik/siswa mudah terpengaruh informasi serta tayangan yang negatif sehingga menimbulkan perilaku buruk serta siswa sulit untuk konsentrasi dan focus.

Hipnoterapi adalah salah satu metode yang bisa meningkatkan konsentrasi serta fokuus Siswa, sehingga Kemampuan belajar seorang anak bisa ditingkatkan dengan metode hipnoterapi. Bukan membuat si anak cerdas, namun meningkatkan kemampuan-nya agar jadi lebih baik. Termasuk kemampuan menghafal materi pelajaran.
Dengan metode hipnoterapi, peran diri si anak akan terbantu, sehingga memudahkan proses belajarnya. Membaca jauh lebih cepat, saat menghafal jauh lebih mudah, karena semua akses pikiran dan otak di-set kekesadaran tertinggih-nya.

Hipnoterapi adalah sebuah aplikasi hipnosis untuk kepentingan terapi. berbagai macam penyakit yang berkaitan dengan mental dan emosi, seperti ketakutan, stress, atau insomnia, bisa pandu peneymbuhan dengan metode hipnoterapi. “Termasuk semangat belajar juga bisa ditingkatkan dengan hipnosis. Jadi hipnoterapi bisa untuk memperbaiki kebiasaan buruk dan Malas belajar adalah merupakan kebiasaan buruk.
Hipnosis bisa membuat seorang anak yang memiliki konsep diri sulit belajar, menjadi sangat mudah belajar. Karena hipnosis bisa membuat pikiran anak jadi rileks, dan lebih santai hingga belajar pun jadi indah dan menyenangkan, menghafalkan lebih mudah. Ini bisa terjadi dengan membuka akses pikiran bawah sadar (Un-conscious mind) yang menyimpan berbagai macam memori dan merupan gudangnya memori. Bila akses ini dibuka, sesuatu yang sudah terlupakan, dengan mudah bisa diingat kembali. Termasuk memori saat masih berumur dibawah 3 tahun, bahkan ketika masih di dalam kandungan sekalipun.
Seringkali terjadi pada anak-anak, ketika mereka menghadapi ujian belajar, lupa dengan apa yang sudah dipelajarinya. Tapi setelah ujian, waktu diluar kelas, jadi ingat semua. “itu karena pikiran tegang semua memori seolah-olah tertutup, sehingga lupa. Ini problemnya. Nah, hipnosis sebetulnya merelaksasikan ketegangan itu, sehingga memorinya tidak tertutup lagi.
Metode SMART LEARNING didesign oleh Pakar dan Ahli hypnosis dengan pengembangan berbagai disiplin keilmuhanan antara lain Hypnosis, Neuro Lingusitic Programming, Psycologi, Psykokinetis, dan Neuro Science.
Metode SMART LEARNING ini bekerja dengan cara masuk ke dalam pikiran bawah sadar (Un-conscious Mind) yang bersangkutan, dimana terletak berbagai file termasuk data kebiasaan untuk belajar, kebiasaan untuk rajin, kebiasaan untuk mental juara.
Intinya, saat keadaan relaks, tubuh relaks seperti orang sedang melakukan meditasi, beryoga, gerbang bawah sadar akan terbuka. Ketika itu pintu gerbang pikiran bawah sadar terbuka, apa saja yang ada di pikiran bawah sadar, seperti konsep diri, percaya diri, fungsi memori, fungsi belajar, dan sebagainya, bisa dimenejemen dengan baik. Sebaliknya ketika anak tegang, dengan metode diancam, ditakut takuti, dan sebagainya, pikiran bawah sadarnya akan menutup. Yang ada dipikirannya kemudian justru bagaimana menyelamatkan diri dari ketegangan itu. Otomatis lupa semua dan belajarnya jadi amburadul.
Lebih luas lagi, hipnosis bisa membantu meningkatkan prestasi seseorang, bukan anak-anak saja. Konsep diri seperti konsep belajar, mental pemenang, dan sebagainya itu ada pada setiap orang. Pada anak-anak, konsep dirinya akan menjadi buruk, bila dipengaruhi oleh lingkungannya seperti TV, koran, radio, yang banyak mengungkapkan hal-hal negatif. Sehingga mempengaruhi konsep diri anak. Misalnya, belum-belum si anak sudah berpikiran “Wah bahasa inggris itu sulit”. Padahal ketika dia masih balita, saat belum mengenal kosa kata ‘sulit’, belajar apapun jadi mudah. Dengan hipnosis mental-mental buruk semacam itu berusaha ditata ulang dan menejemen ulang.


Metode SMART LEARNING didesign dalam beberapa tahapan.
1. REFRESHING… Cara kerja pikiran sebenarnya sama persis dengan cara kerja computer Karena pada dasarnya computer diciptakan dengan memodel cara kerja pikiran manusia. Jika dalam computer terjadi ”Hang/Ngadat” maka computer harus direfresh atau direstart agar bisa bekerja kembali secara maksimal. Begitu juga dengan pikiran manusia ketika terjadi “stack atau tegang” maka pikiran juga harus di refresh agar bisa bekerja secara maksimal juga.

2. RECOLLECTION….. Disamping computer perlu untuk di refresh, computer juga perlu untuk didefragmentasi atau ditata ulang file/data yang tersedia agar mudah dan cepat untuk diakses. Demikian juga dengan pikiran manusia ketika file atau memori yang tersimpan tidak beraturan dan berantakan tentunya perlu metode untuk mendefragmentasi (menata ulang file atau memori) tersebut agar juga mudah dan cepat untuk di akses, dan metode tesrsebut kami sebut dengan Recollection.

3. SILENT SITTING…. Metode ini mirip dengan meditasi dimana dengan meditasi akan membuat tubuh dan fikiran kita rileks dan dengan pikiran rileks akan meningkatkan kemampuan Panca Indra anak/siswa agar peka terhadap informasi yang masuk, baik lewat pendengaran, pengelihatan maupun perasaan. Dan dengan metode anak/siswa ini akan mempermudah mengakses ingatan serta bisa mengontrol emosi dengan baik.

4. MIND-PROGRAMMING…. Setelah dilakukan refreshing, recollection dan Silent Sitting maka selanjut-nya dilakukan Pemrogramman Pikiran dimana dalam metode ini anak/siswa akan dibawah masuk kekondisi pikiran bawah sadar-nya (Un-Conscious Mind) dan dalam tahapan selanjutnya anak/siswa diajarkan untuk mengakses kesadaran tertinggi-nya atau kebijaksanaan tertingginya, sehingga dalam kondisi ini anak/siswa mampu melihat “Sang GENIUS ” dan POTENSI POSITIF serta KEMAMPUAN yang ada dalam diri-nya. Dalam proses pemrograman ini juga merupakan metode untuk meng-Un-install program-progam negatif dan digantikan dengan program-program positif, serta menanamkan MENTAL JUARA dalam diri anak/siswa.

copying: www.alfanhipnoterapi.com