Ikuti Saya di:

KAMUS BLOG

1. CMS

Singkatan dari Content Management System adalah sebuah software yang digunakan untuk memanage sebuah website.
2. CSS

Singkatan dari Cascading Style Sheet, sebuah bahasa pemrograman untuk menentukan tampilan halaman website, seperti warna, tata letak, ukuran dsb.
3. DNS

DNS singkatan dari Domain Name System, sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain.
4. HTML

Singkatan dari HyperText Markup Language, standard bahasa pemrograman web yang berguna untuk menampilkan isi dan tampilan sebuah website. HTML mempunyai TAG tertentu yang dapat dikenali oleh browser.
5. Nama domain

Nama domain, nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.
6. Server

Sebuah sistem komputer yang menyediakan layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server menggunakan sistem operasi dan program khusus dan biasanya selalu dalam keadaan hidup 24 jam sehari.
7. Subdomain

Anak domain, sebuah nama domain yang diberikan mengacu ke suatu lokasi di sebuah domain induk (sub folder). Contoh, mail.indowebmasters.com dimana mail sebagai subdomain dari indowebmasters. Subdomain biasanya juga disebut Third Level Domain (Domain tingkat 3). Indowebmasters sebagai second level domain, .com sebagai top level domain. Beberapa negara menggunakan top level domainnya terdiri dari dua kata, seperti .co.id, namun yahoo.co.id, yahoo disini bukanlah sub domain, akan tetapi kata mail dalam mail.yahoo.co.id merupakan sub domain.
8. Template

Desain tampilan halaman website sedemikian rupa yang dapat digunakan untuk membuat halaman baru dengan layout, style dan warna yang seragam.
9. URL

Singkatan dari Uniform Resource Locator, rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber - seperti dokumen dan gambar - di Internet.
10. Webhosting

Sebuah layanan penyewaan space harddisk di internet untuk menyimpan data website dengan segala aplikasinya sehingga dapat diakses dari manapun.

11. Whois

Berasal dari kata "who is", sebuah layanan di internet yang berguna untuk melacak/mengenali kepemilikan sebuah nama domain maupun alamat IP.